DETAIL AGENDA

Psikologi


2019-08-26

Assalaamu’alaikum


Beberapa kali saat dijalan saya menumui beberapa orang gila yang umurnya masih muda walaupun ada yang tua. Yang ingin saya tanyakan Dok, faktor dan proses seperti apakah yang menyebabkan seseorang bisa mengalami degradasi akal sehingga mengarah dan berujung menjadi gila? Apakah faktor tersebut bisa dipicu oleh salah satu sifat semisal marah atau sedih yang berlebihan sehingga sampai pada titik batas terakhir dan terus terterobos Dok?

Terima kasih atas penjelasannya Dokter

Rn_Mlg


Waalaikum salam Wr. Wb


Gangguan jiwa adalah gangguan secara psikologis atau perilaku yang terjadi pada seseorang, umumnya terkait dengan gangguan afektif (perasaan), perilaku, kognitif dan perseptual. Lebih dari sepertiga orang di kebanyakan negara pernah mengalami gangguan kesehatan jiwa dalam perjalanan hidup mereka. Penyebab yang sering disampaikan adalah stres atau ketidakmampuan seseorang dalam beradaptasi mengatasi masalah yang dihadapi.

Terdapat penyebab gangguan jiwa, yaitu faktor genetik, neurologi, faktor psikologis atau faktor sosiodemografil yang menyertai. Pada Faktor sosiodemografi dapat disebutkan. seperti umur, jenis kelamin, kepadatan penduduk, pendididkan, status perkawinan, pekerjaan, ekonomi keluarga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), terjadi peningkatan pertahunnya bagi penduduk dunia mengalami gangguan jiwa dan tentunya akan semakin dilakukan cara efektif untuk penanganannya. Selanjutnya mengapa jika saat ini sering ditemui usia muda mengalami gangguan jiwa? Berdasarkan informasi yang ada dapat disimpulkan jika gangguan jiwa banyak dialami oleh penduduk yang berusia lebih dari 15 tahun karena pada usia tersebut memiliki pola psikis yang labil kemudian dilanjutkan dengan beban psikis yang lebih banyak. Usia ini dikategorikan sebagai usia remaja, dimana seorang remaja harus melewati tugas perkembangan yang lebih kompleks daripada usia anak. Di tugas perkembangan ini pula seseorang wajib melewatinya secara mandiri dengan pengalaman yang tentunya masih berdasarkan usianya pula. Tidak jarang dengan tuntutan tugas perkembangan dan tekanan lingkungan serta minimnya dukungan sosial membuat usia remaja juga rentan mengalami masalah gangguan jiwa.

Tentunya masalah gangguan jiwa yang berkepanjangan dan tidak segera tertangani akan retan menjadi masalah ganggan jiwa yang semakin berat dan kronis (berkepanjangan). Jika dirasa terjadi perubahan yang signifikan baik pada aspek perilaku, perasaan, kognitif dan perseptual maka segera hubungi profesional terdekat seperti dokter, psikiater ataupun psikolog.


"Memberi Arti Lebih dari Sebuah Manfaat"

Kantor Kami : Jl. Kahuripan 12 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Telp. : (0341) 340327

Wa. : 0813 3395 1332

Email : ydsfmalang@yahoo.co.id